Pengobatan Penyakit Lupus

Pengobatan penyakit lupus memang masih sangat mahal, apalagi ia sudah menyerang otak, ginjal dan darah. Harga suntikan kartikosteroid bisa mencapai 38 juta rupiah untuk sekali masuk. Ini belum termasuk obat-obatan rutin yang harganya Rp. 25.000 per butir, dan harus di konsumsi hingga empat kali dalam satu hari . Sekretaris Program Pascasarjana Farmasi ITB, dr. I Ketut Adnyana, tengah meneliti tanaman mahkota dewa untuk digunakan sebagai obat antiradang (inflamasi) bagi penyandang penyakit lupus. Namun obat itu masih perlu uji klinis. Di Indonesia terdapat dua support Group yakni Care forLupus Yayasan Syamsi Dhuha dibawah pimpinan Dra. Dian Syarief dan Yayasan Lupus Indonesia dibawah pimpinan Tiara Savitri.

Pengobatan Penyakit Lupus

Pengobatan Penyakit Lupus

Penyakit Lupus

Dukungan yang diupayakan oleh kedua yayasan tersebut sejalan dengan apa yang telah diselenggarakan oleh yayasan serupa di negara lain yakni pennyediaan informasi, penyelenggaraan edukasi, kelompok, advokasi, dan bantuan finansial untuk kelompok tak mampu. Support group tersebut secara bahu membahu dengan para dokter pemerhati lupus terus berusaha meningkatkan kualitas hidup para penderita lupus.

Beberapa gejala penyakit lupus yang bisa terjadi adalah :

  1. Nyeri sendi, arthritis, dan bengkak pada sendi yang paling utama dan sering terjadi dibagian pergelangan tangan, bagian sendi kecil tangan, siku, lutut, dan juga pada pergelangan kaki.
  2. Pembengkakan yang terjadi pada tangan serta kaki akibat dari sakit ginjal
  3. Demam lebih dari 38 derajat celcius.
  4. Kelelahan yang terjadi secara berkepanjangan atau terjadi dengan ekstrim.
  5. Lesi kulit yang mengalami ruam dan paling sering terjadi dibagian lengan, tangan, wajah, leher serta bagian punggung.
  6. Bentuk kupu-kupu yang meruam dibagian pipi serta hidung
  7. Mengalami penyakit anemia atau mengalami kekurangan oksigen yang bisa membawa sel darah merah
  8. Nyeri pada dada atau mengalami sesak nafas
  9. Sensitiv pada cayaha matahari
  10. Rambut yang mengalami kerontokan atau mengalami kebotakan
  11. Masalah pada pembekuan darah yang terjadi secara tidak normal
  12. Fenomena Raynaud jari menjadi berwarna putih dan juga berwarna biru atau kemerahan dalam keadaan dingin.
  13. Mengalami kekejangan
  14. Mulut atau juga hidung yang mengalami bisul
  15. Kelebihan berat badan
  16. Mata kering
  17. Mudah mengalami memar
  18. Mengalami kecemasan, depresi, sakit kepala dan hilangnya memori.

Penyebab Penyakit Lupus

Penyebab penyakit lupus adalah akibat dari kelainan yang terjadi pada sistem daya tahan tubuh atau sistem imun. Sistem imun yang normal biasanya melindungi dirinya dari serangan penyakit yang disebabkan oleh kuman atau juga akibat virus dari luar tubuh. namun pada kasus penyakt lupus, sistem daya tahan tubuh akan menyerang balik tubuh sendiri seperti bumerang, oleh sebab itulah disebut dengan penyakit autoimun. Penyakit lupus bisa juga diduga berhubungan dengan daya tahan tubuh yang terjadi dengan berlebihan. Untuk penderita penyakit lupus, tubuh dengan sistem daya tahan tubuh yang menyerang penyakit serta menjaga keadaan tubuh tetap sehat yang bisa menyerang organ tubuh yang sedang sehat.

Penyakit lupus merupakan salah satu penyakit sistemik pada autoimun dengan gambaran klinis yang sangat bervariasi. Penyebab penyakit lupus sendiri jika menyerang ke bagian organ tubuh tertentu, maka biasanya akan menimbulkan gejala yang mirip dengan penyakit lainnya. Hingga saat ini memang belum pasti penyebab penyakit lupus, namun penyebab penyakit lupus bisa dipastikan akibat dari kombinasi gabungan faktor genetik dan juga akibat faktor lingkungan.

Pengobatan Penyakit Lupus

Pengobatan penyakit lupus biasanya dilakukan dengan jenis pilihan terapi yang didasarkan pada jenis serta tingkat keparahan gejala penyakit lupus. Tujuannya adalah untuk membantu mengendalikan gejala akut dan membantu memelihara agar tanda klinis yang muncul bisa ditekan dalam batas yang normal. Pilihan dari terapi pengobatan penyakit lupus ini biasanya tergantung dari :

  1. Apakah penyakit yang mengancam nyawa atau bisa berpotensi menjadi kerusakan pada organ
  2. Apakah manifestasi klinis yang muncul sifatnya adalah reversibel
  3. Pilihan yang paling baik dalam membantu mencegah terjadinya kompikasi dan juga penyakit serta pengobatan penyakit lupus.

Pengobatan penyakit lupus yang bisa dilakukan adalah menggunakan obat penyakit lupus seperti :

  1. NSAIDs atau obat ninsteroidal intiinflamantory drugs, contohnya adalah ibuprofen 400-800 mg, yang biasanya diberikan 3-4 kali dalam sehari. Komplikasi yang terjadi adalah ginjal, saluran cerna, dan juga kardiovaskular yang harus dipertimbangkan dengan baik.
  2. Antimalaria
    Obat jenis ini bisa membantu untuk memperbaiki manifestasi klinis konstitunisonal dan juga kutaneous.

Dalam melakukan pengobatan penyakit lupus, maka perawatan penderita penyakit lupus biasanya membutuhkan pendekatan yang komoprehensif. Dalam menentukan suatu aktivitas penyakit maka sangat penting karena dalam memberikan dosis obat atau juga jenis obat yang akan diberikan. Dan selama perawatan klinis berlangsung maka bisa menetapkan kondisi pasien menjadi semakin membaik, menetap atau bahkan malah semakin memburuk, jika kondisi malah menetap dan memburuk maka harus segera mengambil sikap. Jika keputusan klinis ini secara lambat maka akan terjadi bentuk kerusakan pada organ yang terjadi lebih luas dan lebih permanent serta kemungkinan lainnya yang bisa menimbulkan terjadinya kematian. Untuk itulah perlu penatalaksanaan atau pengobatan penyakit lupus yang tepat dan benar. Serta dasar untuk bisa melakukan tata laksana yang baik dan benar juga membutuhkan suatu pemahaman mengenai perjalanan dari penyakit saat sedang pemilihan obat.

Pengobatan Penyakit Lupus

 


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Penyakit Lupus dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Penyakit Lupus and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *