Penyebab Penyakit Lupus Eritematosus

Penyebab Penyakit Lupus EritematosusPenyakit lupus eritematosus sistemik (LES) adalah salah satu penyakit kronik yang ditandai oleh terbentuknya antibody-antibodi terhadap beberapa antigen diri yang berkelainan. Antibodi-antibodi tersebut biasanya adalah lgG atau lgM dan dapat bekerja terhadap asam nukleat pada DNA atau RNA , protein jenjang koagulasi, kulit, sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Kompleks antigen antibody dapat mengendap di jaringan kapiler sehingga terjadi reaksi hipersensitivitas tipe III, kemudian terjadi peradangan kronik.  Penyebab penyakit  lupus eritematosus tidak diketahui, walaupun penyakit ini sering terjadi pada orang-orang dengan kecenderungan mengidap penyakit oto imun.

Penyebab Penyakit Lupus Eritematosus

Penyebab Penyakit Lupus Eritematosus

Penyakit Lupus

Penyebab penyakit lupus eritematosus  belum diketahui secara pasti, agaknya disebabkan kombinasi berbagai faktor seperti genetic hormone, infeksi, dan lingkungan. Terjadi penyimpangan  pada system kekebalan yang pada mulanya system kekebalan tidak bisa membedakan teman dan musuh, kemudian “teman-teman” sendiri (sel-sel tubuh/organ sendiri) dianggap sebagai musuh, sehingga dibuat zat anti terhadap sel-sel tersebut kemudian zat  anti ini menyerang sel-sel tubuh/organ sendiri tersebut.

Akibat dari penyebab penyakit  lupus eritematosus pada serangan ini menimbulkan kerusakan-kerusakan pada organ tersebut.  Organ yang diserang praktis hampir semua organ, misalnya ginjal, sendi, kulit, system darah, saraf/otak, organ saluran pencernaan, paru, jantung, bahkan bisa sampai kelainan jiwa (psikosis).  Ginjal yang terserang penyakit luus disebut nephritis.  Sakit ginjal ini dapat berjenis ringan sampai dengan berat. Untuk mengetahui jenis penyakit lupus ginjal ini, maka memang perlu dilakukan biopsy ginjal. Terdapat 6 jenis/kelas penyakit lupus ginjal ini dari segi pemeriksaan biopsy ginjal. Kelas IV biasanya merupakan  penyakit lupus ginjal yang paling berat dan agresif. Karena itu penyakit lupus ginjal kelas IV dan juga kelas III, akan selalu diobati lebih intensif agar dicapai keberhasilan pengobatan yang lebih baik.

Penyebab Penyakit Lupus

Faktor penyebab penyakit lupus eritematosus adalah faktor keturunan, akibat pengaruh lingkungann atau keadaan abnormal hormone seksual. Bukti faktor keturunannya adalah kejadiannya lebih besar pada monozigot dibandingan dizigot. Sekitar 10% dapat terjadi pada lingkungan keluarga. Manifestasi klinis lupus eritematosus bervariasi, penyebabnya kurang jelas, dan gambaran klinisnya tidak khas. Penyakit ini dapat mulai dengan satu organ dan selanjutnya muncul juga gambaran klinis organ lain sejalan dengan berkembangnya penyakit. Manifestasi klinis yang berat adalah gangguan fungus organ yang multiple. Secara umum, manifestasi klinisnya adalah badan panas, disertai lelah, pembengkakan persendian, ruam kulit, sensitive terhadap sinar, anemia, dan penurunan fungsi kesadaran.  Untuk dapat menegakkan diagnosis lupus eritematosus, harus dijumpai minimal empat atau lebih manifestasi klinis.

Perlu diperhatikan bahwa lupus eritematosus dan kehamlan dapat bersifat  fatal bagi kduanya sehingga diperluka penanganan yang serius. Kehamilan ini akan menjadi lebih baik apabila :

  1. Kejadian lupus  telah lebih dari 6 bulan
  2. Tidak dijumpai gangguan ginjal
  3. Tidak terdapat superimpose preeclampsia/eklampsia
  4. Tidak dijumpai antibody antifosfolipid.

Resiko Penyakit Lupus

Mungkin yang menjadi pertanyaan, siapa saja orang yang beresiko mengalami penyakit lupus? Menurut Lupus Foundation of America atau LFA, sekitar 1,5 juta hingga 2 juta orang Amerika mempunyai beberapa bentuk dari gejala lupus. Tingkat dari kejadian adalah sekitar 40 kasus dalam 100.000 orang di antara Eropa Utara dan juga 200 dari 100.000 orang antara kulit hitam. Walaupun penyebab penyakit lupus ini bisa terjadi baik pada pria ataupun pada wanita, namun resiko 9 kali lebih besar dimiliki wanita dibandingkan pria untuk terkena penyakit lupus. Biasanya mereka yang berusia antara 15-45 tahun. Dan perempuan ras Afrika-Amerika yang menderita penyakit ini akan menjadi semakin parah dengan tingkat kematian yang tinggi. Faktor yang bisa menaikkan penyebab penyakit lupus antara lainnya adalah paparan sinar matahari, obat resep tertentu, infeksi akibat virus Epstein-Barr dan juga akibat paparan bahan kimia jenis tertentu.

Meskipun dokter hingga saat ini masih tidak tahu persis apa penyebab penyakit lupus dan jenis penyakit autoimun yang lain, namun sebagian besar mempercayai bahwa penyebab penyakit lupus adalah karena hasil dari kedua rangsangan genetik dan akibat faktor lingkungan. Karena penyakit lupus diketahui terjadi dalam keluarga, maka dokter mempercayai bahwa suatu kemungkinan untuk mewarisi atau menurunkan kecenderungan genetik pada penyakit lupus. Tidak adanya gen yang dikenal dengan langsung akan meyebabkan terjadinya penyakit lupus. Kemungkinan yang besar bahwa mempunyai suatu kecenderungan untuk bisa menurunkan penyakt lupus terjadi akibat dari adanya kontak dengan beberap pemicu yang berasal dari lingkungan.

Kemudian kasus dengan jumlah yang lebih tinggi yang terjadi pada wanita dibandingkan laki-laki kemungkinan ini menunjukkan bahwa penyakit lupus bisa saja disebabkan oleh jenis hormon tertentu. Dokter mempercayai bahwa hormon seperti hormon estrigen yang bisa mengatur perkembangan penyakit akibat dari suatu gejala kecenderungan yang nampak sebelum periode menstruasi beerlangsung atau dalam masa kehamilan.

Faktor penyebab penyakit lupus adalah :

  1. Stres yang terjadi dengan sangat besar
  2. Paparan yang terjadi pada sinar ultraviolet dan biasanya juga berasal dari sinar matahari
  3. Akibat merokok
  4. Pada beberapa jenis obat-obatan dan jenis antibiotik, khususnya adalah untuk mereka yang ada di dalam golongan sulfa dan juga golongan penisilin. ]beberapa hal yang terjadi akibat infeksi seperti hepatitis c, virus epstein barr, dan lainnya.

Penyebab Penyakit Lupus Eritematosus


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Penyakit Lupus dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Penyakit Lupus and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *