Penyebab Penyakt Lupus

Penyebab Penyakt Lupus – Faktor penyebab penyakit lupus yang diduga sangat berperan terserang peyakit lupus adalah faktor lingkungan , seperti paparan sinar matahari, stres, efek beberapa jenis obat, dan virus. Oleh karena itu, bagi para penderita lupus dianjurkan keluar rumah sebelum pukul 09.00 atau sesudah pukul 16.00. Saat bepergian, oleskan sun block atau sun screen (pelindung kulit dari sengatan sinar matahari) pada bagian kulit yang terpapar. Sesungguhnya alam telah membekali tubuh kita dengan mekanisme pertahanan yang bertugas melawan penyakit. Fungsi perlindungan ini dijalankan oleh sistem kekebalan tubuh yang terdiri dari jaringan sel terutama oleh sel darah putih yang menghasilkan antibodi untuk melawan bakteri.

Penyebab Penyakt Lupus

Penyebab Penyakt Lupus

Penyakit Lupus

Semestinya sel tersebut menjadi tulang punggung sistem pertahanan tubuh dan hanya menyerang benda asing seperti virus dan bakteri. Namun pada penderita lupus, sistem pertahanannya berbalik menyerang partikel-partikel inti sel tubuhnya sendiri dengan mengeluarkan berbagai zat antibodi (auto antibodies) yang menimbulkan kerusakan disertai penurunan fungsinya atau reaksi autoimun.

Penyakit lupus terjadi akibat produksi antibodi berlebihan. Antibodi tersebut tidak menyerang virus, kuman bakteri yang masuk kedalam tubuh, tapi justru menyerang sistem kekebalan sel dan jaringan tubuh sendiri. Hal ini menimbulkan gejala lesu, lemah, letih, lelah, demam, sakit kepala, berat badan menurun, kehilangan nafsu makan, rambut rontok, nyeri sendir, otot ngilu, kurang darah, dan kerusakan berbagai organ peting seperti ginjal, susunan saraf, paru serta jantung.

Tampilan penyakit ini sedemikian beragam, dan setiap pasien memiliki serangkaian gejala yang berbeda. Lupus dapat pula tampil mirip dengan penyakit lain , seperti artritisreumatoid, tuberkulosis, demam berdarah dengue, demam tifoid, dan lain-lain, sehingga sulit terdiagnosis atau bahkan didiagnosis dengan penyakit lain yang memiliki gekala mirip dengannya. Lupus dapat disertai dengan penyakit lain seperti radang kelenjar gondok, meningkatnya kekntalan darah, bahkan beberapa penyakit kanker seperti kanker indung telur. Hal ini tentu saja lebih mempersulit diagnosa dan cara pengobatannya.

Penyebab Penyakit Lupus

Hingga saat ini penyebab penyakit lupus masih belum diketahui secara jelas dan penyakit autoimun lainnya, dan sebagian besar mempercayai bahwa penyebab penyakit lupus adalah hasil dari kedua terjadinya rangsangan gentik dan lingkungan. Karena penyakit lupus diketahui berasal dari keluarga, dan dokter mempercayai bahwa kemungkinan untuk seseorang mewarisi faktor genetik pada penderita penyakit lupus. Namun tidak ada gen yang dikenal dengan langsung bisa mengakibatkan munculnya penyakit lupus. Besar kemungkinan bahwa mempunyai suatu kecenderungan untukĀ  bisa menurunkan penyakit lupus adalah karena adanya kontak pada beberapa pemicu lingkungan.

Dan jumlah yang paling tinggi dari kasus penyebab penyakit lupus adalah wanita dibandingkan oelh pria kemungkinan menunjukkan bahwa penyebab penyakit ini bisa disebabkan karena jenis hormon tertentu. Dokter juga percaya bahwa hormon seperti estrogen yang bisa mengatur perkembangan penyakit lupus akibat dari gejala kecenderungan yang nampak sebelum periode siklus haid berlangsung atau sedang masa kehamilan.

Penyakit lupus hingga saat ini masih menjadi masalah yang besar karena kebanyakn populasi yang masih belum menyadari bahaya dari jenis penyakit ini. Mengingat bahwa penyakit lupus merupakan penyakit autoimun yang terjadi sangat fatal dan bisa menyerang wanita usia muda. Mortalitas pada penyakit lupus 5 kali lebih besar dibandingkan populasi yang normal. Dan selain itu juga kematian dari penyakit lupus terbagi menjadi 2 fase yakni adalah fase awal dan juga pada fase lanjut yang lebih dikenal sebagai bimodial patterna diawal tahun dari terjadinya karena aktivitas penyakit dan juga infeksi yang sedangkan pada stadium lanjut bisa diakibatkan karena kardiovaskular.

Menurut berbagai laporan bahwa target organ paru, ginjal serta bagian sistem saraf pusat yang merupakan salah satu prediktor mortaliras seangkan etnis sebagai salah satu prediktor dari survival. Etnis Asian memiliki harapan hidup yang lebih buruk dibandingkan dengan kulit putih. Selain itu, jenis kelamin umur dan juga tingkatan ekonomi dilaporkan juga sebagai salah satu bentuk prediktor mortalitas, umur yang semain tua maka mortalitasnya juga akan semakin tinggi. Seperti yang sudah dilaporkan bahwa penyebab terjadinya kematian pada fase awal yang terbanyak disebabkan oleh penyakit lupus aktif, penyakit lupus nefritis, sistemik vaskulitis, CNS lupus infeksi dan juga trombosis.

Komplikasi Penyakit Lupus

Selain itu, penyakit lupus juga bisa menimbulkan beberapa komplikasi dibagian tubuh misalnya adalah :

  1. Bagian ginjal akan mengalami terjadinya kerusakan ginjal yang lebih serius yang merupakan salah satu bentuk penyebab yang paling utama dari terjadinya kematian pada penderita penyakit lupus.
  2. Sistem saraf pusat, biasanya penyakit lupus bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala, pusing, kehilangan memori, mengalami kejang dan juga perubahan perilaku.
  3. Darah dan pembuluh darah, biasanya penyakit lupus juga akan menyebabkan terjadinya peningkatan resiko penyakit anemia, pendarahan, serta pembekuan darah dan peradangan pada pembuluh darah.
  4. Paru-paru, penyakit pneumonia akan menular dan selain itu mengalami sesak nafas karena terjadinya peradangan pada rongga dada yang lebih cenderung pada penyakit lupus.
  5. Hati, untuk kompikasi penyakit lupus pada hati bisa membuat otot jantung dan juga peradangan arteri menjadi lebih besar pada penyakit ini, dan juga penyakit lupus bisa meningkatkan terjadinya suatu kemungkinan penyakit jantung dan juga serangan jantung yang terjadi.

Penyebab Penyakt Lupus


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Penyakit Lupus dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Penyakit Lupus and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.